IFFINA 2024 KEMBALI DIGELAR OLEH ASMINDO DENGAN USUNG TEMA “SUSTAINABLE BY DESIGN”
ECOHOMES official media partner IFFINA, Indonesia Meubel & Design Expo, kembali diadakan tahun ini mulai tanggal 14 hingga 17 September di Indonesian Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Indonesia.
Tangerang, 14 September 2024.
ASMINDO (Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia), tahun ini kembali menyelenggarakan IFFINA 2024, untuk kesebelas kalinya. Setelah sukses menyelenggarakan IFFINA pada tahun sebelumnya dan dibuka oleh Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Bertempat di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD, Tangerang, IFFINA tahun ini diselenggarakan pada tanggal 14 hingga 17 September 2024 denganmengusung tema “Sustainable by Design”. Tema ini tentunya dipilih bukan dengan tanpa alasan, namun sebagai bentuk perwujudan kepedulian ASMINDO dan insan furnitur Indonesia terhadap industri terkait yang berkelanjutan. Dedy Rochimat, Ketua Umum ASMINDO menyampaikan, “kami percaya bahwa fokus pada keberlanjutan akan membuka peluang baru dan meningkatkan daya saing industri kita”. Melalui ajang pameran berskala internasional IFFINA+ Indonesia Meubel & Design Expo 2024, diharapkan mampu meningkatkan industri mebel & kerajinan Indonesia ke level yang lebih luas.
Menempati luasan 18.000 meter persegi, gelaran IFFINA tahun ini juga berkolaborasi dengan Koelnmesse untuk memperkenalkan brand pameran penunjang industri
furnitur, yakni interzum yang mengambil tempat bersama dengan IFFINA yakni di Hall 9 ICE BSD. Hadirnya kolaborasi yang apik dari IFFINA dan interzum yang fokus pada produk penunjang industri furnitur ini diharapkan mampu menjadi paket komplit serta komprehensif bagi para pelaku industri maupun pengunjung. interzum memiliki pengaruh global dan keahlian dalam produksi furnitur dan desain interior, akan menghadirkan pameran khusus di Jakarta untuk pertama kalinya. Pameran ini akan
menampilkan tren dan keunggulan terbaru dalam produksi furnitur dan desain interior. Para profesional industri akan memiliki kesempatan berjejaring dengan para ahli, menemukan teknologi mutakhir dan membuka peluang bisnis baru. Mathias Kuepper, Managing Director & VP Asia-Pacific Koelnmesse menyampaikan, “Kami sangat antusias menghadirkan interzum ke Indonesia untuk pertama kalinya. Kolaborasi bersama IFFINA ini, merupakan kesempatan yang sangat baik untuk menampilkan inovasi terkini dalam produksi furnitur dan desain interior. Kami percaya bahwa kolaborasi ini akan mendorong tumbuhnya peluang bisnis baru serta memperkuat industri furnitur di kawasan Asia Tenggara.
“IFFINA, sebagai pioneer penyelenggaraan pameran mebel dan kerajinan di circle kedua, kehadirannya diharapkan mampu menjadi trigger bagi negara-negara anggota ASEAN lainnya untuk mengikuti langkah ASMINDO dengan menyelenggarakan pameran berskala internasional serupa, sehingga dapat meningkatkan tumbuhnya ekosistem yang kondusif pada circle kedua di kawasan Asia Tenggara. Hal ini dilakukan oleh ASMINDO bukanlah tanpa alasan, namun sebagai upaya untuk memfasilitasi kebutuhan pasar mebel dan kerajinan dunia yang belum tercukupi serta diharapkan mampu menghadirkan peluang bisnis yang menjanjikan bagi pelaku industri mebel dan kerajinan” disampaikan oleh Nico Alexander Vizano, Ketua Organizing Committee IFFINA 2024, Pemerintah melalui beberapa lembaga kementerian, berkomitmen sejak awal untuk mendukung pelaksanaan IFFINA kembali sejak tahun lalu. Hal ini bertujuan untuk mendukung pengembangan industri furnitur & kerajinan Indonesia berkelas dunia, dengan menciptakan ekosistem bagi para pelaku industri terkait yang sesuai dengan potensi pasar nasional dan kebutuhan ekspor luar negeri. Sehingga, diharapkan melalui rantai pasok yang kuat dan terintegrasi akan menjadi salah satu langkah positif untuk mendukung pengembangan bagi industri tersebut.
ASMINDO berkomitmen pada IFFINA tahun ini tentunya digelar dengan lebih menarik dibanding tahun sebelumnya, yakni dengan membawa lebih luas jaringan potensial market pada skala global dengan proyeksi permintaan yang mencapai 766 miliar USD pada tahun 2024 (berdasarkan Statista 2024). ASMINDO tetap yakin dan optimis bahwa Indonesia dapat merebut 1% pangsa pasar mebel dunia ke depannya. Ini berarti potensi pendapatan sebesar 7 miliar USD bagi industri mebel Indonesia. Adapun jumlah target pengunjung yang disasar pada pelaksanaan IFFINA tahun ini akan meningkat sebesar 20 persen dari tahun lalu, serta hal ini juga mendapatkan support penuh dari pemerintah melalui lembaga negara & Kementerian terkait. Hal menarik lainnya dari gelaran IFFINA di 2024 ini, hadirnya berbagai program acara pendukung, yang tentunya berkesinambungan dengan kebutuhan industri furnitur & kerajinan, baik itu berupa workshop desain, talkshow, hingga showcase khusus bagi para desainer terpilih.
Adapun target jumlah transaksi yang diharapkan dalam pelaksanaan IFFINA tahun ini, yaitu kenaikan sebesar 30 persen dari tahun sebelumnya. ASMINDO optimis hal ini dapat terwujud, melalui kebutuhan belanja mebel dan kerajinan dalam negeri juga mengalami peningkatan, industri pariwisata khususnya perhotelan kembali berbenah untuk mengoptimalkan potensi pariwisata dalam maupun luar negeri. Hadirnya program pembangunan IKN (Ibukota Nusantara) juga membawa angin segar bagi para pelaku industri mebel dan kerajinan dalam negeri. “Adanya langkah konkrit yang telah dilakukan oleh ASMINDO yakni melakukan MOU dengan PT. Bina Karya untuk mendukung pembangunan IKN dengan produk furnitur dan kerajinan anggota ASMINDO yang mayoritas adalah UKM. Hal ini diharapkan mampu memperkuat UKM kita dan memajukan industri” ujar Dedy Rochimat, Ketua Umum ASMINDO.
Dengan target pengunjung yaitu 15.000 visitor, baik itu dari dalam negeri maupun manca negara, ASMINDO dalam penyelenggaraan IFFINA 2024 ini telah mendapatkan dukungan dari berbagai pihak yaitu Kementerian Koperasi & UKM, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, AFIC (ASEAN Furniture Industries Council), juga CAFA (Council of Asia Pacific Furniture Association).
Dukungan juga bertambah dari asosiasi-asosiasi profesi terkait dengan industri furnitur & desain. Bekerjasama dengan Mahala Imaji Kreasi, sebagai organizer dari penyelenggaraan pameran IFFINA, ASMINDO yakin bahwa penyelenggaraan IFFINA 2024 akan menjadi showcase bagi para peserta pameran yang melingkupi industri terkait, yaitu furniture, craft, project design, homeware, home fabric, serta decorative & gift.
Related Posts
HOMEDEC 2024: One Stop Home Solution untuk Semua Kebutuhan Renovasi Rumah
HOMEDEC, Home Design and Interior Exhibition, telah menjadi ajang tahunan yang…
LanjutIFFINA 2024 Sukses Digelar & Naikkan Target Penjualan Mebel ke Luar Negeri
Tangerang, 18 September 2024.Tahun ini, sekali lagi ASMINDO sukses menyelenggarakan IFFINA…
LanjutGREENLAM LAMINATES – CLEARANCE SALE hanya di www.ecohomes.id ( eco e-commerce project B2B khusus bahan bangunan, interior, furnitur, produk ramah lingkungan )
DAFTAR CUCI GUDANG HPL GREENLAM - EKSKLUSIF HANYA DI WWW.ECOHOMES.ID GSL…
LanjutECOHOMES kembali menjadi Official Media Partner di ARCH:ID 2025 – Tema ‘Performative Archipelago’
Jakarta, Indonesia– [26 Juli 2024]– Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), bekerjasama dengan…
LanjutECOHOMES official media partner IFFINA, Indonesia Meubel & Design Expo, Memperkuat Koneksi : Platform Industri Furnitur Terintegrasi
IFFINA, Indonesia Meubel & Design Expo, kembali diadakan tahun ini mulai…
LanjutWesleep Kasur Latex bisa digulung, praktis pasang dimana aja !!
Dapatkan hanya di http://www.ecohomes.id, jaminan harga terbaik produk asli !! Ikutin…
LanjutMEGABUILD & KERAMIKA INDONESIA 2024:
Mendorong Inovasi dan Keberlanjutan dalam Industri Bahan Bangunan dan Keramik
Meriahkan Dunia Arsitektur Follow @ecohomes.id ( Facebook / Instagram / Youtube…
LanjutMengubah Paradigma Konstruksi: Ecohomes, Pionir E-commerce B2B Ramah Lingkungan di Indonesia
Follow @ecohomes.id ( Facebook / Instagram / Youtube ) Dalam era…
LanjutALASAN MEMILIH HPL GREENLAM
DESAIN Di Greenlam, kami berkomitmen untuk merancang penyelesaian dekoratif inovatif yang…
LanjutLAPORAN DIGITAL MARKETING INDONESIA 2024
Marketing digital adalah suatu keharusan yang harus dijalankan di era yang…
Lanjut
Tinggalkan Balasan